Senin, 22 Oktober 2012

MVP ( Most Valuable Person)



Bagi peggemar olahraga pasti sering mendengar istilah Pemain Terbaik atau lebih dikenal dengan sebutan MPV (Most Valuable Player).Dalam setiap cabang olah raga dapat dipastikan ada penghargaan tersebut, yang diberikan kepada pemain yang menonjol prestasinya.Setiap pemain selalu menginginkan dan berambisi untuk mencapai penghargaan tersebut.
Apabila kita sadari, sesungguhnya dalam kehidupan kita, 
MPV ( Most Valuable Player ) Dalam terminology basket, adalah : gelar atau penghargaan yang diberikan kepada pemain yang sepanjang satu musim kompetisi tampil paling menonjol, stabil dan mempunyai nilai tertinggi.
                Dalam kehidupan sehari-hari tak jauh beda dengan tim olah raga.ketika setiap pemain tampil dengan performa terbaiknya bukan hal yang mustahil kemenangan berada dalam genggaman.
                Setiap manusia tidak hanya mempunyai kehidupan pribadi akan tetapi juga mempunyai tanggung jawab social terhadap lingkungannya, artinya kita saling membutuhkan antar sesama manusia maupun terhadap alam semesta.Dengan demikian idealnya kita dapat memberikan kontribusi/masukan yang berarti atau terbaik pada lingkungan di sekitar kita.
                Melihat kondisi remaja sekarang ini, dimana pergaulan yang semakin rumit, persaingan yang berat ditambah lagi dengan dunia yang sudah mau kiamat, mau enggak mau jack.. kita mesti hadir dan dibutuhkan sebagai Most Valuable Person (manusia Terbaik).Seseorang akan semakin bernilai (mulia) diantara manusia lainnya salah satunya adalah manakala orang tersebut memiliki sejumlah keunggulan dan kontribusi bagi sesama dan lingkungannya.(yang pasti keunggulan tersebut harus yang positif-positif aja, jangan malah orang terkenal karena kebengisannya, karena “cunihin bin purunyus”nya atau balaga teu pararuguh… teu asyik euy yang kaya gituan mah.)
                Orang yang mau berbagi ilmu, Harta, waktu dan apapun yang dibutuhkan oleh sesama yang menjadi keunggulan dirinya (Personal Advantage) akan berbeda dengan orang yang mempunyai keunggulan tetapi tidak mau membaginya/men-Sharenya kepada orang lain.Karena kesalehan social akan lebih bermakna ketimbang kesalehan individu/perorangan.
                Enggak susah-susah amat sih kalo kita emang mau menjadi seorang MVP mumpung kita masih remaja.Ada beberapa hal yang dapat dijadikan acuan untuk menjadi seorang MVP ,diantaranya yaitu :
1.       Menegakan kebenaran Islam
Enggak usah yang berat-berat, ada banyak cara untuk melakukan hal demikian.yang paling cetek nolongin orang yang mau nyebrang, ngambil paku di jalan yang bisa bikin orang yang memakai jalan tersebut kena musibah, menebar senyum dan salam kepada sesama umat dan yang lebih gedenya ya.. ngajak orang/temen kejalan kebaikan serta mecegahnya dari kemungkaran.
2.       Mendahulukan Fakir Miskin
Tau enggak sih sih kawan… kalo duit yang kita punya itu ada sebagiannya yang merupakan hak dari fakir miskin.enggak usah pelit deh… kita enggak bakalan jatuh miskin hanya karena memberi segantang dua gantang harta kita kepada mereka.kita kenyang mereka pun harus sama kenyang, kita gembira merekapun harus ikut gembira.Dan bila saatnya kita sedih Insya Alloh, mereka akan mendo’akan kita agar cepat cepat dipulihkan kembali dari kesedihannya.(Hanya mereka yang tidak tau diri yang mentertawakan dikala kita sedang dalam kesusahan sementara hidup mereka telah kita muliakan).
3. Merajut Interaksi
Artinya kita mesti bergaul dengan baik tanpa membeda-bedakan siapa kawan siapa lawan.Gauli mereka dengan sopan dan baik.Pepatah bilang seribu kawan tak cukuplah bagi awak, tapi satu lawan sempit rasanya dunia buat melangkah.
4.     Membidik masa depan
Intinya kita mesti kudu tahu apa yang dicita-citakan/harapan untuk masa yang akan datang, yang penting jangan sampe deh cita-cita itu menyeret kita ke jalan yang enggak lurus (Go to Hell).cintailah dan harus takut bila cita-cita itu akan musnah serta berusahalah untuk mencapainya.
                Rosululloh membuat pernyataan yang sangat Visioner ketika mengatakan bahwa sebaik-baik manusia adalah yang paling besar manfaatnya untuk sesama.Itu berarti bahwa dalam keseharian, kita harus bisa saling  berbagi dan sebanyak mungkin memberikan bantuan yang dapat bermanfaat bagi teman, sahabat dan lingkungan sekitar, sehingga pada akhirnya kita akan merasa dibutuhkan oleh mereka.
                Bila seseorag telah dibutuhkan oleh sahabat serta lingkungannya, seorang Most Valuable Person dapat menjadi seorang Most Wanted Person (Orang yang sangat diinginkan).
                Kehadiran seorang MVP akan memberikan spirit serta energi positif bagi lingkungan sekitarnya.Seorang MVP tak hanya dirindukan oleh teman, sahabat dan masyarakat akan tetapi sangat di rindukan pula oleh Sang Pencipta.Ramadlan adalah moment yang sangat baik untuk menjadi seorang MVP-MVP yang tangguh.
                Memang enggak mudah kawan… tapi akan lebih sulit bila kita hanya diam.Mulailah dari hal-hal yang paling kecil, mudah mudahan pada saatnya nanti hal yang kecil itu dapat menjadi bekal bagi kita dalam menempuh hidup untuk menjadi seorang MVP (Most Valuable Person).
Selamat menjadi seorang Remaja Terbaik………!!!

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar